Lagu-Lagu Anak Dari Daerah Sumatera Indonesia

Lagu-Lagu Anak Dari Daerah Sumatera Indonesia - Jika sekarang kita berbicara tentang perkembangan lagu anak, mungkin sekarang kita sudah jarang atau bahkan tidak mendengar lagi karya-karya terbaru yang coba dihasilkan untuk mengekspresikan kreatifitas anak-anak. Namun pada era 90-an, lagu anak sempat menjadi populer. Dari sekian banyaknya karya musik yang beredar dipasar, hampir setengahnya menampilkan lagu anak-anak. Ada juga beberapa karya apik yang tidak bisa kita lupakan karena pada lagu ini mempunyai nilai-nalai yang baik dan juga dapat menjadikan anak-anak lebih mengetahui budaya daerahnya. Semua nilai ini dapat kita temui pada lagu-lagi daerah. Pada eranya dulu, lagu-lagu daerah ini banyak dikemas untuk anak, sebut saja: lenggang kangkung yang begitu populer untuk anak-anak dan juga dewasa. Lenggang kangkung ini terasa ringan, mengingat kangkung merupakan masakanan favorit orang-orang Asia.

Indonesia yang terdiri dari banyak daerah turut serta memberikan sumbangan yang sangat besar pula pada kesenian tanah air. Salah satu daerah yang cukup besar memberikan kontribusi terhadap kesenian tanah air khususnya di bidang seni suara adalah Sumatera. Sumatera Indonesia ini memiliki cukup banyak provinsi yang semakin menambah warna untuk kesenian Negara kita. Bagian Sumatera Indonesia ini juga memiliki akses yang luas ke Negara tetangga sehingga perkembangan seninya bisa dikatakan cukup maju. Untuk lebih mengenal seni di daerah Sumatera Indonesia ini, berikut ini lagu-lagu anak dari daerah sumatera:

1. Kampuang Nan Jauah Di Mato
Lagu kampuang nan jauah di mato ini menceritakan mengenai kampung yang jauh di mata tepatnya di daerah Sumatera Barat. Dimana daerah ini memiliki banyak gunung. Lagu ini juga menceritakan engenai kerinduan seseorang akan teman-teman lamanya ketika bersuling dan bermain bersama.

2. Injit-Injit Semut
Lagu injit-injit semut ini berasal dari daerah Jambi. Lagu injit-injit semut ini banyak digunakan sebagai lagu untuk mengiringi permainan anak.

3. Mariam Tomong
Lagu mariam tomong merupakan lagu yang berasal dari Sumatera Utara. Dimana salah satu lirik dari lagu ini sangat terkenal dan sering kita dengar. “O Mariam Tomong dainang si napang masin”.

4. Selendang Mayang
Lagu selendang mayang merupakan lagu yang berasal dari daerah Jambi. Salah satu lirik unik yang terdapat pada lagu ini adalah “Taruknya kaca tangkainya embun, dipandang ada diambil tak boleh”.

0 comments:

Post a Comment