Cara Menulis Sampul Surat Yang Efektif

Barangkali Anda termasuk kepada orang yang ahli dalam pembuatan resume untuk melamar pekerjaan atau Anda sudah biasa menulis surat? Namun jika sampul surat yang Anda buat tidak berkesan atau jauh melenceng, itu tandanya Anda sudah membuang peluang dan kesempatan emas yang ada. Sampul surat menjadi perhatian utama yang dibaca ketika Anda mengirimkan lamaran pekerjaan. Oleh karena itulah harus memberikan kesan kepada orang yang akan memproses surat lamaran Anda. Menulis sampul surat juga harus efektif, hal ini dimaksudkan agar lamaran yang sudah ditulis serta resume yang Anda lampirkan semenarik mungkin mendapat perhatian dan tidak terbuang percuma. Agar efektif dalam penulisan sampul surat, ada baiknya Anda memperhatikan cara menulis sampul surat. Adapun Cara Menulis Sampul Surat Yang Efektif adalah sebagai berikut:

1. Singkat dan Langsung Kepada Tujuan Utama
Anda bisa tuliskan di sampul surat berupa posisi apa yang akan Anda lamar beserta aplikasi pendukung.

2. Perhatikan Ejaan Penulisan
Dalam hal penulisan sampul surat ini, ejaan bisa diperhatikan. Jangan pernah salah dalam menulis sampul surat. Salah tulisan ataupun pengejaan akan membuat kesan tidak teliti. Ada baiknya mengecek berulang-ulang tulisan yang sudah ditulis, untuk memastikan tiap ejaan sudah benar atau belum.

3. Ketiklah Dengan Menggunakan Komputer
Hal ini dilakukan agar sampul surat terkesan rapi. Lakukan penulisan dengan tangan jika hanya diminta oleh perusahaan secara khusus. Jika tidak ada instruksi penulisan dengan tulisan tangan, maka tidak perlu ragu untuk mengetiknya menggunakan komputer.

4. Gunakan Huruf Bisnis
Anda bisa menggunakan huruf bisnis seperti arial ataupun times new roman. Hindari penggunaan fancy font. Tulislah dengan huruf berwarna hitam dan gunakan kertas putih polos.

5. Singkat dan Padat
Sampul surat yang Anda buat semestinya tidak lebih dari satu halaman. Yang perlu diperhatikan juga bahwa sampul surat beserta lampiran-lampirannya jangan pernah dilipat. Setelah selesai disusun, Anda bisa memasukkannya ke dalam amplop yang besar, agar tidak ada yang terlipat.

6. Tulis Dengan Kata-Kata Sendiri
Dalam menulis sampul surat, meskipun terdapat ratusan template yang bisa Anda temukan secara online, namun jangan berfikir untuk menggunakannya. Lebih baik Anda menulis dengan kata-kata Anda sendiri sehingga lebih mencerminkan diri Anda.

0 comments:

Post a Comment